Kabar Duka Ustadz Abdul Somad, Sang Ibu Tutup Usia
Cari Berita

Advertisement

Kabar Duka Ustadz Abdul Somad, Sang Ibu Tutup Usia

3/18/19


Hj Rohana ibunda Ustaz Abdul Somad meninggal dunia Senin 18 Maret 2019.

Ibu Ustadz Abdul Somad (UAS) meninggal dunia di rumah sakit Sansani Pekanbaru.

Ustadz Mustafa Umar membenarkan informasi tersebut.

"Iya Insha Allah benar Informasinya (Meninggal), "ujar Mustafa Umar.

Namun saat ditanya kapan meninggal dan dimana, Ustadz Mustafa Umar belum mendapatkan informasi secara jelas dimana meninggalnya.

"Saya juga masih mau cari informasinya dimana dan kapan meninggalnya, "ujar Mustafa Umar.

Meninggalnya ibu Rohana langsung diumumkan melalui pengeras suara Mesjid di sekitar kediaman UAS di Jalan Sukakarya Perum Amiraya Pekanbaru.

"Innalillahi wa innalillahi rojiun. Telah berpulang kerahmatullah Ibunda Ustadz Abdul Shomad meninggal pagi ini info dari mesjid. Alamat jalan Sukakarya Perum Amiraya B9, "demikian dituliskan Ketua Forum Guru Honor Riau Eko Wibowo dalam postingannya di Media Sosial.

Menurut informasi yang didapat Tribun Jenazah Almarhumah meninggal di RS Sansani Pekanbaru, selanjutnya jenazah akan langsung dibawa ke kampung halamannya Sumatera Utara.

Saudara dekat sampai dengan keluarga jauh Ustad Abdul Somad merasa sangat kehilangan Ibunda UAS.

Azizah satu di antaranya. Perempuan paruh baya ini datang ke RS Sansani Jalan Soekarno Hatta bermaksud menjenguk langsung Ibunda UAS.

"Telat sekali, rencananya menjenguk Ibunda Bapak UAS. Saya dapat kabar dari media sosial," jelas Azizah di RS Sansani, Jumat (18/3/2019), sekira pukul 18.30 WIB.

Azizah merasa sangat prihatin. Sebagai orang yang sama-sama berasal dari Melayu Deli, Ia juga sangat kehilangan.

"Memang tidak dekat dengan keluar UAS. Tapi sebagai orang sekampung kami sangat kehilangan Ibunda UAS. Bagaimana pun kami tetap saudara, berasal dari tanah kelahiran yang sama.

"Saya mengucapkan innalillahi waiinailahi rajiun. Kami sekeluarga berbelasungkawa. Saya doakan semoga amal ibadah Ibunda UAS diterima Allah," jelasnya.

Dalam berbagai ceramahnya Ustadz Abdul Somad kerap menyampaikan untuk selalu memuliakan seorang ibu.

Ganjaran dari Allah SWT bagi orang yang memuliakan ibunya adalah surga, sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW., bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu.

UAS mengatakan, sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk tunduk pada ibu.

Setiap anak harus menyenangkan hati ibunya dan menahan diri tak pernah melawan kepada ibu.

Ustadz Abdul Somad sendiri pernah menceritakan kisah menarik tentang sang ibunda, Hj Rohana.

Ustaz Abdul Somad menuturkan, bahwa saat ibunda tercinta ikut mendengarkan ceramahnya, sang Ibunda yang bernama Hajjah Rohana sempat kaget.

Ibunda UAS terkejut, karena jamaah yang datang dan hadir mendengarkan ceramah Ustaz Abdul Somad sangat ternyata sangat ramai.

Usai acara pengajian tersebut, Ibunda Hajjah Rohana kemudian bertanya ke UAS. "Kau Sudah punya jin?," kata sang ibunda saat itu.

Mungkin sang ibunda bercanda. Jin yang dimaksud di sini, hanya sekedar ungkapan, kekaguman sang ibu melihat daya tarik dan kemampuan anaknya dalam memberikan tausiyah kepada jemaah.

Ustaz Abdul Somad kemudian menjawab singkat, "Enggak,"

UAS kemudian bertanya seorang psikolog, mengapa saat ceramahnya banyak jamaah yang hadir.

Rupanya, psikolog menilai, bahwa UAS menyampaikan materi dakwahnya dengan bahasa sederhana, mudah dicerna oleh awam, bahkan anak-anak kecil sekalipun.

sumber : serambinews.com