Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanda-tanda Hari Kiamat Menurut Penjelasan Rasulullah

Tanda-tanda kiamat sesuai apa yang pernah di sampaikan Rasulullah dalam haditsnya.

Sekarang ini sudah semakin terlihat jelas, apa yang pernah di sampaikan Rasulullah dalam haditsnya tentang tanda-tanda kiamat.

Baik tanda-tanda kecil ataupun tanda besar peristiwa-peristiwa ini sudah bisa jadi bukti.

Tidak ada satu mahluk pun di dunia ini yang mengetahui kapan datangnya hari kiamat.

Informasi tentang kiamat hanya Allah SWT lah yang mengetahui. “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.” (QS al-A’raaf [7]: 187).

Rasulullah pun tidak mengetahui secara pasti kapan, namun beliau memberikan beberapa tanda-tandanya agar manusia lebih waspada dan tidak melalaikan kewajibannya kepada Allah SWT.

Tanda-tanda Kiamat

Pertama, kembalinya Semenanjung Arab sebagai wilayah yang hijau dengan air sungai mengalir deras. Penegasan ini sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA.

Menurut Imam al-Qurthubi, kembalinya hamparan hijau Semenanjung Arab tersebut karena, Bangsa Arab telah beralih profesi menjadi para peladang dan pekebun. Berbeda dengan sejarah mereka di masa lampau yang terkenal dengan para penakluk.

Kedua, degradasi Bangsa Arab. Degradasi ini pada dasarnya lebih kepada moralitas dan mentalitas Bangsa Arab. Penegasan tersebut disampaikan Imam as-Suyuthi dalam al-Jami’ ash-Shaghir, Rasulullah SAW pernah bersabda,”Di antara (tanda) dekatnya kiamat adalah rusaknya bangsa Arab.”

Ketiga, gerhana bulan yang muncul di Semenanjung Arab, dan munculnya bara api di Yaman yang mengantarkan penduduknya hingga ke Padang Mahsyar.

Riwayat lain tentang tanda-tanda kiamat menyebutkan, api tersebut keluar dari Aden. Hadis ini antara lain diriwayatkan Muslim dari Hudzaifah bin Asid al-Ghifari.  Riwayat lain juga menyebut api tersebut akan keluar dari kawasan Hijaz.