7 Penyebab Kanker Getah Bening yang Perlu Diwaspadai
Cari Berita

Advertisement

7 Penyebab Kanker Getah Bening yang Perlu Diwaspadai

5/27/19
Berikut beberapa rangkuman penyebab kanker kelenjar getah bening.

Kanker masih menjadi penyakit yang paling mematikan didunia, baru-baru ini publik dihebohkan dengan kabar terbaru dari Ustadz Arifin Ilham yang telah berpulang ke Rahmatullah akibat kanker yang diderita beliau.

Berbicara soal kanker getah bening, lalu sebenarnya apa sajakah faktor yang bisa menimbulkan kanker kelenjar getah bening tersebut?

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening


Berikut beberapa rangkuman penyebab kanker kelenjar getah bening.

1. Usia

Limfoma bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa, tetapi sebagian besar orang yang didiagnosis biasanya mereka yang lebih tua dari usia 60 tahun. Banyak kasus di mana anak-anak mengembangkan penyakit ini adalah ketika sistem kekebalan tubuh mereka menurun.


2. Kekebalan Tubuh yang Menurun

Penyakit seperti HIV atau AIDS bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan bisa membuat tubuh lebih rentan terhadap limfoma.

3. Sejarah keluarga

Meskipun jarang, sindrom limfoma bawaan tentu ada yang bisa meningkatkan kemungkinan Anda untuk mengembangkan limfoma.

4. Radiasi

Orang yang terkena radiasi tingkat tinggi, seperti korban kecelakaan reaktor nuklir dan bom atom, berada pada peningkatan risiko mengembangkan limfoma non-Hodgkin. Mereka yang juga memiliki terapi radiasi sebelumnya juga berisiko lebih tinggi terkena limfoma.

5. Virus atau bakteri



Sebagian besar kasus adenopati disebabkan oleh infeksi virus atau infeksi bakteri.

Sering kali, pembengkakan terjadi di dekat bagian tubuh yang terinfeksi.

Misalnya, pembengkakan yang terjadi di sekitar leher biasanya disebabkan oleh infeksi tenggorokan.

6. Penyakit autoimun

Pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa terjadi akibat penyakit autoimun akibat sistem kekebalan tubuh malah keliru menyerang jaringan yang sehat, seperti:
  • Rheumatoid arthritis
  • Lupus
  • Sarcodiosis

7. Kanker

Terkadang kanker juga bisa menjadi penyebab pembengkakan kelenjar getah bening. Contohnya, limfoma dan beberapa jenis leukemia.

Saat kanker bermetastatik alias menyebar, terkadang terjadi juga pembengkakan kelenjar.

Misalnya, ketika kanker payudara menyebar ke kelenjar getah bening, akan muncul adenopati di ketiak (axilla), atau ketika kanker paru-paru menyebar ke kelenjar getah bening, akan ada adenopati di sekitar tulang selangka.

Itulah beberapa penyebab kanker kelenjar getah bening seperti yang diderita ustadz arifin ilham. Semoga menambah wawasan kita semua untuk lebih menjaga kesehatan.